30 Juli 2017

Pembelajaran K13 Kelas 4 Tema 1 subtema 2

Kurikulum 2013 sudah mulai di implementasikan lagi di tahun 2016 dan 2017 ini secara bertahap. Di tahun 2016 tahap 1 (mereka yang sudah siap) di kleas 1 dan 4 yang selanjutnya di tahun 2017 mereka naik di kelas 2 dan 5 sehingga di tahun 2018 tahap 1 sudah semua. Berikutnya tahap 2 yang dimulai tahun 2017 ini.

Jadi pengimplementasian di setiap sekolah berbeda-beda tergantung kesiapan sekolah tersebut. Pemerintah mengharapkan ditahun 2020 semua sudah memakai kurikulum 2013. Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 menjadikan pelajaran Matematika dan penjasorkes keluar dari Tema. Jadi lebih terfokus



Terus bagaimana sih Tema, sub tema itu pembelajarannya ? berikut deh contoh yang ada di Kurukulum 2013 Revisi 2016 kelas 4 tema 1 sub tema 2 :



Kelas / Semester               : IV / I
Tema                                 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                         : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran                    : II
Alokasi Waktu                 : 1 hari

A.           Kompetensi Inti
K I I  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
K I 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun , peduli , dan percaya diri dalamberinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca ] dan bertanya berdasarkanrasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk , ciptaaa Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya dirumah, sekolah dan tempat bermain.

KI 4   Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas sitematis, dan logis dalam karya yang estetis. Dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan  perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar [ KD ]
Indikator Pencapaian Kompetensi
PP KN 
3.4 Memahami berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4.1 Menjelaskan bahwa keberagaman
akan memperkaya keberagaman ketika bekerja sama

4.1 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial , dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1Menceritakan pengalaman dari bekerja sama dalam keragaman.
SBdB      
3.3 Memahami dasar dasar gerak tari daerah.
3.3.1 Menyebutkan macam – macam gerak tari

4.3  Meragakan dasar – dasar gerak tari daerah
4.3.1 Mempratekan tarian bungong jeumpa dengan farmasi dan iriringan music

0 komentar: